obat cytotec

Obat Cytotec dan Perdagangannya di Apotek

Pengkonsumsian Obat Cytotec pada wanita hamil dapat menyebabkan cacat kelahiran, aborsi, dan kelahiran kematian. Pada tablet oral cytotec mengandung misoprostol 100 mcg atau 200 mcg, analog prostaglandin E1 sintetik.

Deskripsi Obat Cytotec

Cytotec (misoprostol) diindikasikan untuk mengurangi resiko NSAID (obat antiinflamasi nonsteroid, termasuk aspirin) yang dikarenakan oleh borok lambung pada pasien yang berisiko tinggi komplikasi dari tukak lambung, misalnya, orang tua dan pasien dengan penyakit yang kronis secara bersamaan, juga pada pasien yang berisiko tinggi terkena tukak lambung, seperti pasien dengan riwayat maag. Cytotec belum terbukti mengurangi risiko ulkus duodenum pada pasien yang menggunakan NSAID dan harus digunakan selama terapi NSAID. Obat ini telah terbukti mengurangi resiko tukak lambung dalam studi terkontrol dengan durasi 3 bulan.

Dosis yang Dianjurkan

obat cytotec

Obat ini dilengkapi dengan selebaran informasi pasien. Bacalah dengan cermat sebelum digunakan. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang obat ini, konsultasikanlah kepada dokter, perawat, atau apoteker Anda. Dosis penggunaan obat ini didasarkan pada kondisi medis Anda dan respons terhadap terapi.

Dosis oral Cytotec dewasa yang direkomendasikan untuk mengurangi resiko tukak lambung yang dianjurkan oleh OAINS adalah 200 mcg empat kali sehari dengan makanan. Jika Anda tidak dapat mengkonsumsinya sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan, Anda dapat mengambil dosis sebanyak 100 mcg. Cytotec harus diambil selama terapi NSAID seperti yang ditentukan oleh dokter. Cytotec ini harus dikonsumsi bersamaan dengan makan, dan dosis terakhir adalah sebelum Anda tidur.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa, obat ini digunakan untuk mencegah tukak lambung saat Anda mengkonsumsi NSAID (contohnya Aspirin, ibuprofen, naproxen), terutama jika Anda berisiko memiliki atau tumbuh bisul atau memiliki riwayat bisul. Misoprostol yang terkandung dalam obat ini akan membantu mengurangi risiko komplikasi ulkus serius seperti pendarahan. Obat ini melindungi lapisan perut Anda dengan menurunkan jumlah asam yang ada didalamnya. Untuk pencegahan tukak lambung, lanjutkan mengkonsumsi obat ini selama Anda mengkonsumsi NSAID. Konsumsilah obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang dapat Anda. Ingatlah untuk selalu mengkonsumsinya secara teratur dan sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Obat ini tidak hanya untuk mengobati dan mencegah tukak lambung saja, namun juga dapat digunakan dengan kombinasi obat lain (mifepristone) untuk mengakhiri kehamilan (aborsi). Jika Anda menggunakan obat ini untuk mencegah radang lambung, minumlah obat ini seperti biasanya empat kali sehari. Namun jika Anda menggunakan obat ini untuk aborsi, Anda harus meminumnya sesuai seperti yang diarahkan oleh dokter Anda.

Efek Samping Obat Cytotec

efek samping obat cytotec

Berikut ini telah dilaporkan beberapa efek samping dari para pasien yang telah mengkonsumsi obat  Cytotec:

  1. Saluran pencernaan

Pada subjek yang menerima Cytotec 400 atau 800 mcg setiap hari dalam uji klinis, efek samping pada gastrointestinal yang paling sering adalah diare dan nyeri perut. Insiden diare pada 800 mcg dalam uji coba terkontrol pada pasien yang menggunakan NSAID berkisar antara 14-40% dan dalam semua penelitian (lebih dari 5.000 pasien) rata-rata 13%. Nyeri perut terjadi pada 13-20% pasien dalam uji coba NSAID dan sekitar 7% dalam semua penelitian, tetapi tidak ada perbedaan yang konsisten dari dalam plasebo.

Diare berkaitan dengan dosis dan biasanya berkembang pada awal terapi (setelah 13 hari), dan biasanya sembuh sendiri (sering sembuh setelah 8 hari), tetapi kadang-kadang diperlukan penghentian Cytotec (2% dari pasien). Beberapa kasus diare yang parah yang menyebabkan dehidrasi parah telah dilaporkan. Pasien dengan kondisi yang mendasarinya memiliki penyakit radang usus, atau mereka yang mengalami dehidrasi, dan jika itu terjadi, maka akan berbahaya, serta harus dipantau dengan hati-hati jika Cytotec telah diresepkan. Insiden diare dapat diminimalkan dengan pemberian setelah makan dan sebelum tidur, dan dengan menghindari pemberian Cytotec dengan antasida yang mengandung magnesium.

  1. Ginekologi

Terjadinya perdarahan pada vagina pasca menopause mungkin berhubungan dengan pemberian Cytotec. Jika itu terjadi, pemeriksaan diagnostik harus dilakukan untuk mengesampingkan patologi ginekologis

  1. Insidensi Lebih Besar Dari 1%

Dalam uji klinis, reaksi merugikan berikut dilaporkan oleh lebih dari 1% pasien yang menerima Cytotec seperti: mual (3,2%), perut kembung (2,9%), sakit kepala (2,4%), dispepsia (2,0) %), muntah (1,3%), dan konstipasi (1,1%). Namun, tidak ada perbedaan yang signifikan antara kejadian peristiwa ini untuk Cytotec dan plasebo mereka.

Jika Anda ingin mengkonsumsi obat ini, Anda dapat dengan mudah menemukannya di Apotek yang jual obat cytotec di Jakarta. Gunakan obat ini secara teratur dan sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan. Anda juga dapat memberi tahu dokter Anda jika kondisi Anda memburuk.

Tinggalkan komentar